SIM Indonesia tetap Bisa digunakan di Inggris/UK

Apabila Anda adalah warganegara Indonesia yang kebetulan sedang tinggal di UK dan ingin berkendara di jalanan wilayah UK (England, Wales, Scotland, North Ireland).

SIM Indonesia akan berlaku selama 12 bulan sejak kedatangan Anda. Aturan ini sudah jelas dan dibuat oleh Pemerintah UK melalui departemen DVLA (Driver and Vehicle Licensing Agency), bisa juga di baca di https://www.gov.uk/browse/driving/driving-licences.

Oya, Anda tidak perlu membuat SIM Internasional dulu di Indonesia sebelum pergi ke UK. Saya sampaikan ini biar Anda juga tidak perlu buang-buang waktu dan uang.

Tulisan ini berdasarkan pengalaman saya sendiri.
Saya berkendara di Inggris selama hampir 4 tahun, dari tahun 2012 sampai 2016. Pertama kali driving, saya masih menggunakan SIM Indonesia, saya berkendara dari ujung timur sampai ujung barat UK, daerah Cardiff Wales, dan hingga ujung utara, yaitu daerah Dundee, Aberdeen (Scotland).

Setelah beberapa bulan, baru kemudian mendaftar UK Provisional Driving License (ini tanpa tes), kemudian baru tes untuk mendapatkan Full Driving License.

0 komentar: